Moodle dan akreditasi

Tuesday, July 23rd, 2019

Jika kita berbicara tentang elearning ada banyak sekali topik dan bahkan manfaat yang bisa diangkat. Moodle adalah salah satu platform pembelajaran jarak jauh yang populer saat ini dan sepanjang pengalaman saya menjadi admin elearning mungkin ada beberapa ide yang ingin saya tuangkan dalam tulisan. Moodle dan akreditasi? mungkin keduanya tidak berhubungan ya, padahal saya memandang dari segi seorang profesional developer melihat bahwa kenapa tidak?
Bayangkan betapa kerja kerasnya proses akreditasi. Maka jika dibantu dengan penggunaan perangkat lunak pasti akan sangat sangat terbantukan. Cukup input data, evaluasi, monitoring kemudian bikin report dan violaa.. jadilah borang. Tapi kan pak.. Harganya mahal, untuk bikin sistem seperti itu pasti jadi project yang gede nih. Saya bilang ke mahasiswa dan rekan-rekan seprofesi bahwa inilah saatnya profesi kita dihargai, programmer kan boleh kaya.. bener gak? hehe..

Tapi itu cerita lain cuma ada diawang-awang aja sih. Solusinya gini kalau bikin software mahal ya gunakan aja moodle. terus cara pakainya supaya bisa mendukung akreditasi gimana? Pada prinsipnya, moodle kan aplikasi juga untuk mendukung proses belajar itu menurut saya. Kemudian kita sesuaikan deh dengan kebutuhan borang. Kemudian teknisnya gimana? Ini yang ada di kepala saya ide-ide yang sudah sangat lama ingin saya tuliskan. Mungkin di posting berikutnya akan saya tuliskan sejalan dengan topik yang lain berkaitan dengana programĀ  studi sebenarnya satu pemikiran.

Jadi, ditunggu ya.. i will be back


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

post_id=267