Capaian Pembelajaran Prodi

Tuesday, July 23rd, 2019

Hello.. kembali lagi di ekaangga.net, setelah saya menulis tentang visi dan misi ala kadarnya saya lanjut ke level prodi nih. Menyusun cpaian pembelajaran idealnya melalui proses panjang hasil diskusi dengan beberapa pihak dan mungkin telah melalui beberapa kali revisi. Di sini saya coba menulis capaian pembelajaran hasil pemikiran sendiri, ya disesuaikan dengan pengalaman lah. Sebagai profesional di bidang IT dan pengajar di bidang informatika setidaknya memiliki gambaran lah kira-kira apa sih yang mahasiswa itu capai. Saya membayangkan di sebuah project atau perusahaan itu memunculkan lowongan pekerjaan dan butuh karyawan. Bagaikan kunci yang cocok untuk buka pintu, kalau kuncinya cocok ya pintunya pasti kebuka. Mahasiswa juga sama jika skill nya cocok perkerjaan itu pasti terbuka untuknya.

Btw, baru baru ini saya sudah melakukan crawling loh ke website penyedia lowongan kerja seperti jobsdb. Tujuannya buat apa, pastinya untuk mengetahui tren dunia kerja saat ini apa. Untuk itu website penyedia lowongan kerja jangan marah ya, ini murni riset dan memajukan kehidupan berbangsa juga jadi boleh dong ya. Buat kamu yang menyimak tulisan ini, ditunggu ya pada posting berikutnya saya tunjukkan hasil crawling dan tren pekerjaan di dunia IT saat ini apa dengan sedikit teknik data science. Dan mungkin nantinya capaian pembelajaran di posting ini akan berubah menyesuaikan dengan tren tersebut. OK, check it out..

Capaian pembelajaran dibagi jadi 4 kategori, yaitu:

  1. Sikap dan tata nilai (S)
  2. Penguasaan Pengetahuan(P)
  3. Keterampilan Khusus(KK)
  4. Keterampilan Umum(KU)

Tiap kategori dibagi lagi menjadi beberapa poin dengan rincian sebagai berikut:

Sikap dan tata nilai (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatanmutu kehidupan bermsayarakat, berbangsa, bernegara, dan perdaban berdasrkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukumdan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mampu berperan serta memajukan kehidupan  bermasyarakat agar dapat bijak dalam memanfaatkan sarana teknologi informasi.

Penguasaan Pengetahuan(P)

  1. Menguasai konsep dan teori di bidang informatika khususnya di bidang data science, pengembangan web dan teknologi mobile
  2. menguasai desain pengembangan sistem dan analisis yang baik untuk dapat menciptakan produk teknologi informasi yang bermanfaat bagi masysrakat dan dunia industri.
  3. Menguasai pengetahuan akan kebutuhan dunia industri saat ini dan senantiasa mencari peluang kerja dan memiliki semangat kewirausahaan.
  4. Memiliki pengetahuan tentang bisnis dan memadukan keterampilan teknologi informasi dan pengatahuan dalam memasarkan produknya.
  5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri 4.0.

 

Keterampilan Khusus(KK)

  1. Mampu memecahkan masalah di dunia kerja dan masyarakat dengan berpikir kreatif, kritis dan inovatif.
  2. Mampu membangun perangkat lunak yang bermanfaat bagi dunia industri dan masyarakat baik di dalam bidang pemerintahan maupun swasta.
  3. Menguasai softskill dan pengembangan diri agar mampu bekerja dalam tim dan komunikatif serta mencerminkan sikap seorang profesional teknologi informasi.
  4. Menyesuakan diri dengan perkembangan IT terkini, memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan belajar tentang keilmuan pengembangan perangkat lunak terkini.
  5. Mampu menganalisis proses bisnis di bidang swasta dan pemerintahan dan mendokumentasikan sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  6. Memiliki sikap kewirausahaan dengan keterampilan analisis dan trobosan inovatif guna menciptakan perangkat lunak dengan ide-ide baru yang diterima masyarakat dan memiliki nilai jual.
  7. Mampu merancang sistem sesuai dengan kebutuhan industri 4.0 seperti data science, intellligent system dan autonomous.

 

Keterampilan Umum(KU1)

  1. Memiliki kemampuan analisis yang baik atas sebuah permasalahan dan menuangkan formulasi ide kedalam rancangan perangkat lunak yang sesuai untuk permasalahan tersebut.
  2. Memiliki sikap mandiri, disiplin, tanggung jawab atas hasil pekerjaannya.
  3. Mampu menyajikan karya original baik individu maupun tim dan menghindari plagiarisme.
  4. Memiliki kemampuan manajemen yang baik, mengelola tugas dan membagi project besar menjadi satuan tugas yang terukur.
  5. Memiliki sikap profesional dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.
  6. Memiliki kemampuan memasarkan dan menciptakan suatu produk yang memiliki nilai jual dalam rangka menjadi seorang wirausahawan di bidang teknologi informasi.

 

OK, ibarat perang nampaknya senjata sudah lumayan lengkap nih. Berikutnya saya bikin untuk level mata kuliah bikn silabus rps, bla..bla..blaaa. Dan mungkin matakuliah yang belum pernah saya ajarkan sebelumnya dan bahkan belum ahli juga tapi ingat kata pepatah ikatlah ilmu dengan menulisnya maka ada beberapa topik yang ingin saya tuliskan sekalian dipelajari. Ya minimal skill programming sudah di tangan jadi cukup mudah meluangkan waktu dan belajar kemudian menuliskannya.. see you next time..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

post_id=258