Visi misi ala ekaangga

Monday, July 22nd, 2019

Visi dan misi mendapat kedudukan yang penting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi. Vsisi dan misi juga menjadi semacam acuan yang nantinya diikuti oleh seluruh civitas akademika yang bersangkutan. Tentunya dalam penyusunan visi dan misi menyesuaikan dengan kultur ingkungan, kondisi akademik dan dunia kerja. Mengingat peran perguruan tinggi sangat penting dalam SDM berkualitas, maka ada baiknya jika visi dan misi mengacu kepada tujuan pendidikan di Indonesia itu sendiri.

Tulisan ini hanyalah ide semata yang dituliskan menjadi artikel di dalam blog dan tidak ada sangkut pautnya dengan institusi tertentu. Jadi hanya murni kreativitas menulis saja, nantinya artikel ini akan sangat panjang hingga penyusunan RPS di level prodi. Mungkin tulisan ini ada kekurangan, tapi saya hanya berpikir apa sih yang kiranya ideal.

  1. Ada beberapa kriteria visi misi yang baik dikutip dari kopertis, yaitu:
  2. dirumuskan melibatkan dosen, mahasiswa, alumni masyarakat dll(tulisan ini tidak memenuhi kriteria karena hasil pemikiran sendiri)
  3. jelas dan realistis (akan kita survei, pura puranya cukup realistis lah)
  4. Dapat digunakan untuk merumuskan tujuan/sasaran
  5. dll.. itu saja dulu

Saya membayangkan memiliki perguruan tinggi, kira-kira visi dan misinya sebagai berikut:

  1. Membantu masayarakat Indonesia dengan mencerdaskan kehidupan bangsa
  2. Mencetak mahasiswa yang unggul dan mampu bersaing baik nasional dan global dan bermanfaat bagi bangsa negara
  3. Mempersiapkan mahasiswa untuk dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri agar turut memajukan kehidupan bernegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

post_id=251